12 Jenis Buah Yang Kaya Kandungan Kalium

Makanan yang mengandung kalium yang cukup tinggi yang berasal dari buah-buahan cukup banyak tidak ayal konsumsi buah menjadi solusi kekurangan kalium. Berikut adalah 12 jenis Buah yang Kaya Kalium. Yuk kita simak bersama …

#1. Sukun (1065 mg/100 gram)

Sukun termasuk dalam jenis tanaman kluwih yang mengandung serat dalam jumlah tinggi. olahan sukun bisa dibuat menjadi gorengan atau dikukus. Kandungan kalium yang tinggi dalam sukun bermanfaat untuk mengatur sistem kerja jantung dan syaraf. Berikut ini manfaat lain dari sukun.

Sukun Mengandung Kalium

Sukun bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam darah, membantu mengatur irama jandung dan mengurangi potensi penyakit jantung.

Sukun sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes karena membantu tubuh dalam mengolah glukosa dalam darah dan membantu mengendalikan kadar gula dalam darah.

Kandungan asam dalam buah sukun membentu memelihara kesehatan kulit dan rambut.

Sukun mengandung serat dalam jumlah yang tinggi sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan usus dan mengurangi resiko kanker usus.

#2. Alpukat (975 mg/100 gram)

Alpukat adalah salah satu jenis buah yang kaya kalim bertugas untuk membantu menjaga kesehatan tubuh. Banyak orang yang tidak mau mengkonsumsi alpukat karena dianggap sebagai buah yang mengandung tinggi lemak. Namun kandungan lemak omega 6 dalam buah alpukat ternyata sangat baik untuk mengurangi potensi penyakit jantung. Alpukat mengandung asam oleat tak jenuh yang bisa mengurangi bahaya tingginya kolesterol dalam tubuh. Selain itu kandungan kalium dalam buah alpukat sangat baik untuk membantu tubuh dalam memelihara kesehatan jantung. Berikut ini manfaat mengkonsumsi alpukat secara rutin.

Alpukat mengandung kalium

Alpukat mengandung vitamin E yang bisa membantu mencegah terjadinya oksidasi kolesterol dalam tubuh.

Alpukat juga mengandung kalium dalam jumlah yang sangat besar sehingga membantu mengatur denyut jantung, memelihara kesehatan jantung dan mencegah serangan jantung dan stroke.

Alpukat juga mengandung folat yang sangat bermanfaat untuk mengurangi kadar homosistein dalam darah yang bisa menyebabkan kekacauan sistem kerja jantung.

Alpukat bisa menjadi cadangan energi dalam tubuh sehingga sangat baik untuk orang yang sedang ingin menurunkan berat badan.

#3. Kurma (956 mg /100 gram)

Kurma merupakan buah asli yang hanya tumbuh di kawasan Timur Tengah. Kurma mengandung serat dalam jumlah yang sangat tinggi sehingga sangat baik untuk mencegah sembelit dan gangguan pencernaan. Meskipun kebiasaan makan kurma hanya dibiasakan saat bulan puasa, namun sebenarnya mengkonsumsi kurma secara rutin sangat baik untuk kesehatan. Berikut ini manfaat mengkonsumsi kurma secara rutin.

Kurma mengandung berbagai macam mineral seperti mangan, tembaga, magnesium dan selenium yang sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kepadatan tulang.

Kurma mengandung serat dan asam amino yang bermanfaat untuk merangsang sistem pencernaan dan mendorong pembentukan bakteri baik dalam sistem pencernaan sehingga bisa mengatasi sembelit.

Kurma mengandung kalium dalam jumlah yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk menjaga sistem syaraf tubuh dan mendukung sistem kerja otak.

Kurma juga mengandung zat besi yang bermanfaat untuk mencegah anemia dan mengatasi rasa lelah dan lemah.

#4. Markisa (854 mg/ 100 gram)

Markisa adalah buah yang sangat menyegarkan. Markisa memiliki dominasi rasa asam karena kandungan vitamin C nya yang cukup tinggi. setiap 100 gram buah markisa mengandung sekitar 30 mg vitamin C dan 1200 IU vitamin A. Kandungan vitamin A dan vitamin C dalam tubuh memberikan efek yang menyegarkan, membantu sistem imunitas tubuh dan melawan infeksi bakteri dan kuman. Berikut ini manfaat mengkonsumsi markisa dalam bentuk sirup maupun jus.

Markisa mengandung zar besi, kalium dan magnesium yang sangat penting untuk mengatur aliran darah dalam jantung dan membantu fungsi motorik otot dan sistem syaraf.

Kandungan kalium dalam buah markisa bisa membantu sistem syaraf sehingga bisa menurunkan gejala insomnia dan memberikan efek santai pada syaraf. Bahkan markisa juga bermanfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan dan gejala penyakit pada lambung.

Markisa mengandung serat dalam jumlah yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan usus dan bisa menjadi obat pencahar alami yang tidak memiliki efek samping.

#5. Jambu merah (655 mg/100 gram)

Jambu merah adalah buah yang memiliki rasa manis dan aroma yang sangat menyegarkan. Jambu merah banyak dikonsumsi menjadi jus dan sangat bermanfaat untuk kesehatan. Kandungan vitamin C dalam buah jambu merah sangat baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah radikal bebas. Berikut ini manfaat mengkonsumsi jus jambu merah secara teratur.

Dalam setiap 100 gram jambu merah mengandung 200 mg vitamin C, sehingga bisa mencukupi kebutuhan vitamin C harian orang dewasa.

Jambu merah bisa memenuhi sekitar 8% kebutuhan harian kalium orang dewasa. Kalium dalam buah jambu sangat bermanfaat untuk mencegah tubuh dari kekurangan elektrolit. Kalium juga berperan untuk mengatur sistem impuls listrik yang penting untuk mendukung kerja otot dan jantung.

Jambu merah mengandung likopen dalam jumlah yang sangat tinggi sehingga bermanfaat untuk mencegah serangan radikal bebas dan pertumbuhan sel kanker.

#6. Srikaya (457 mg/100 gram)

Srikaya merupakan jenis buah yang memiliki bentuk luar seperti buah sirsak. Srikaya memiliki aroma yang khas dan rasa manis yang menyegarkan. Srikaya memiliki banyak biji yang dibungkus dengan daging buah yang tipis. Anda mungkin perlu kesabaran untuk makan buah srikaya secara langsung. Srikaya mengandung vitamin C yang berperan untuk mencegah radikal bebas dan melindungi tubuh dari berbagai jenis penyakit. Berikut ini manfaat mengkonsumsi buah srikaya.

Srikaya menganding magnesium dan kalium sehingga sangat baik untuk melindungi jantung dan menjaga sistem kerja otot dalam tubuh.

Kandungan serat dan kalium dalam buah srikaya juga sangat baik untuk menjaga tekanan darah, mengatasi sembelit dan menyeimbangkan kadar air dalam tubuh.

Sirkaya sangat baik dikonsumsi oleh penderita anemia karena memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi sehingga bermanfaat sebagai sumber energi dan mengurangi rasa lelah dan lemah.

#7. Pisang (422 mg/100 gram)

Pisang merupakan salah satu jenis buah yang mudah didapatkan. Ada berbagai jenis pisang yang tumbuh di Indonesia. Bahkan setiap pisang bisa diolah menjadi berbagai macam masakan atau hanya dikonsumsi secara langsung. Pisang mengandung kalori tinggi namun tidak akan membuat masalah untuk diet karena kalori akan diolah langsung oleh tubuh. Berikut ini manfaat mengkonsumsi buah pisang.

Pisang Mengandung Kalium

Kalium dalam buah pisang yang sangat tinggi terbukti bisa membuat sistem kerja otot dan syaraf menjadi lebih baik karena selalu ada cadangan cairan dalam tubuh. Kalium juga mendukung sistem kerja jantung dan otot tubuh.

Pisang sangat baik bila dikonsumsi oleh atlit karena bisa membantu mengatasi cedera otot dan simpanan energi yang cukup tinggi dalam buah pisang.

Tidak banyak yang sadar bahwa pisang juga merupakan buah yang mengandung kalsium super tinggi sehingga sangat cocok sebagai makanan untuk diet.

#8. Pir (322 mg/100 gram)

Pir adalah salah satu jenis buah yang berasal dari China. Pir mengandung antialergi yang sangat tinggi sehingga baik untuk menurunkan dan mencegah berbagai jenis alergi tubuh. Pir mengandung serat yang sangat tinggi sehingga baik untuk mencegah masalah pencernaan. Bahkan kandungan anti karsinogen dalam buah pir sangat baik untuk membantu mengatasi gejala stroke dan hipertensi. Berikut ini manfaat mengkonsumsi buah pir  secara teratur.

Pir mengandung vitamin C yang baik untuk mencegah infeksi kuman dan bakteri serta mencegah serangan radikal bebas.

Buah pir mengandung pektin yang bermanfaat untuk mengatasi tingginya kadar kolesterol dalam tubuh.

Kandungan kalium dan kalsium dalam buah pir sangat baik untuk mencegah masalah cedera otot, mengatasi masalah irama denyut jantung yang tidak teratur, dan menjaga kadar elektrolit dalam tubuh.

#9. Pepaya (354 mg/100 gram)

Pepaya adalah buah yang sangat mudah kita temukan. Pepaya memiliki rasa yang sangat manis dan menyegarkan. bahkan buah pepaya juga mengandung nutrisi dan mineral yang sangat banyak jumlahnya. Daging buah pepaya yang lunak dan mudah dicerna sangat baik untuk anak-anak dan orang lanjut usia. Manfaat mengkonsumsi buah pepaya antara lain adalah :

Kandungan flavonoid dan lutein dalam buah pepaya sangat baik untuk mencegah serangan radikal bebas dan melindungi tubuh dari penyakit paru-paru.

Pepaya juga mengandung asam folat, thiamin dan riboflavin yang berperan untuk membantu perjalanan metabolisme tubuh dan mengatasi gangguan kekebalan tubuh.

Pepaya mengandung kalium yang sangat baik untuk membantu mengatasi masalah jantung, mengatur irama denyut jantung dan mencegah berbagai macam penyakit karena tingginya sodium dalam tubuh.

#10. Kiwi (215 mg/100 gram)

Kiwi menjadi buah yang menyegarkan dengan aroma dan rasa yang sangat khas. Permukaan luar kulit buah kiwi terlihat berserabut daging buahnya sangat lembut dan bisa dikonsumsi oleh siapa saja. Kandungan vitamin C dalam buah kiwi bisa menjadi antioksidan yang sangat baik untuk mencegah efek radikal bebas dari sinar matahari, asap dan masalah polusi udara. Berikut ini manfaat mengkonsumsi buah kiwi untuk kesehatan.

Kandungan kalium dalam buah kiwi sangat baik untuk menjaga sistem syaraf dan memiliki efek yang menenangkan sehingga sangat baik untuk menjaga kualitas tidur.

Kiwi juga mengandung kalium yang sangat bermanfaat untuk mengatur detak jantung dan mengurangi semua resiko penyakit jantung.

Bahkan kandungan kalium dalam buah kiwi juga sangat baik untuk menurunkan tekanan darah dan mencegah darah tinggi.

Kiwi bisa menjadi obat pencahar alami sehingga sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah sembelit.

#11. Mangga (322 mg/100 gram)

Mangga merupakan buah yang mudah kita dapatkan pada musim tertentu. Persediaan jenis mangga tertentu juga akan selalu ada sepanjang musim. Daging buah mangga berwarna kuning menyegarkan karena mengandung beta karoten yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. selain itu dalam buah mangga juga mengandung vitamin C yang bisa membantu tubuh mengatasi berbagai gangguan kekebalan tubuh seperti flu dan demam. Berikut ini manfaat mengkonsumsi buah mangga secara teratur.

Buah mangga mengandung kalium yang bermanfaat untuk mengatasi masalah detak jantung, sistem syaraf dan otot dalam tubuh.

Kandungan kalium dalam buah mangga juga membantu tubuh dalam mengatur persediaan cairan tubuh sehingga tubuh tidak mudah lelah dan lemah.

Mangga juga mengandung serat sehingga sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah gangguan pencernaan.

#12. Semangka 320 mg/100 gram)

Semangka adalah salah satu jenis buah yang identik dikonsumsi pada musim kemarau. Saat cuaca panas Anda bisa memenuhi kebutuhan air dari buah semangka. Semangka memiliki rasa yang manis dan sangat menyegarkan. kandungan sitrus dalam buah semangka juga sangat baik untuk membantu meningkatkan nutrisi dalam tubuh dan membantu sirkulasi pembuluh darah. Berikut ini manfaat mengkonsumsi buah semangka secara teratur.

Semangka memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi sehingga bisa membantu relaksasi sistem jantung dan mencegah serangan stroke.

Kandungan kalium dalam buah semangka sangat baik untuk membantu kesehatan jantung pada wanita yang sudah mengalami masa menopause.

Kandungan air yang cukup tinggi dalam buah semangka sangat baik untuk mencegah dehidrasi dan mengatus sistem persediaan elektrolit dalam tubuh.

Demikian tadi artikel 12 Buah Yang Mengandung Kalium, Semoga Bermanfaat 🙂

Jangan ragu untuk Like, Comment, dan Share artikel ini jika bermanfaat 🙂

Baca Juga:

Sumber: https://halosehat.com/gizi-nutrisi/panduan-gizi/35-makanan-yang-mengandung-kalium-tinggi-dan-manfaatnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
1
Butuh Bantuan ?
Hai ! Dengan admin Jual Garam Vulkanik Termurah yang siap membantu ^^